Sabtu, 25 Januari 2020

Negara Dengan Pulau Terbanyak Di Dunia

Indonesia selama ini dikenal sebagai negara kepulauan yang dipenuhi 17 ribu pulau dari Sabang sampai Merauke. Namun sejatinya, tak hanya Indonesia, banyak negara di luar sana yang juga memiliki banyak pulau.Bahkan, tak sedikit negara yang memiliki pulau lebih dari Indonesia.


Di lansir dari GoodNews from Southeast Asia,berikut sembilan negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia. Apa saja?  
9. United Kingdom (6.806 pulau)
Parlemen Inggris
Di nomor sembilan ada United Kingdom. Negara kepulauan yang terdiri dari Inggris, Skotlandia, Irlandia Utara dan Wales ini memiliki luas wilayah mencapai 1.728.000 km persegi. Tak hanya memiliki wilayah negara yang luas, ternyata UK juga memiliki ribuan pulau, tepatnya ada 6.806 pulau yang tersebar.  
Berdasarkan Ordnance Survey ada 6.289 pulau di Inggris, sebagian besar berada di Skotlandia. Sedangkan sisanya tersebar di negara lainnya.  
8. Jepang (6.852 pulau) 
Pulau Okinawa di Jepang
Jepang memiliki 6.852 pulau yang sekaligus menjadikannya sebagai negara kepulauan di Asia Timur. Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu menjadi beberapa pulau terbesar yang berada di Negeri Matahari Terbit. Tak hanya itu, 97 persen wilayah daratan Jepang juga berada di empat pulau tersebut.

7. Filipina (7.641 pulau)
 Pantai Sabang, Filipina
Selain Jepang, ada Filipina yang sama-sama berasal dari wilayah Asia. Berdasarkan National Mapping and Resource Information Authority, Filipina memiliki 7.641 pulau. 
Pada penghitungan sebelumnya, Negara Lumbung Padi ini memiliki 7.107 pulau yang masuk dalam tiga zona, yaitu Luzon, Visayas, dan Mindanao. Pulau yang tersebar di Filipina merupakan pulau tropis yang memiliki banyak keunikan.  
6. Australia (8.222 pulau)
 Opera House, Australia
Berada tak jauh dari Indonesia, Australia memiliki 8.222 pulau dan menjadikannya berada di posisi enam sebagai negara dengan pulau terbanyak di dunia. Sebanyak 3.747 pulau berada di Australia Barat, kemudian 1.955 pulau di Queensland, dan ada 1.000 pulau di Tasmania. Sementara itu, ada pula 887 pulau yang terletak di Northern Territory dan 346 pulau di Australia Selatan.


5. Indonesia (18.307 pulau) 
Pulau Raja Ampat (NOT COVER)

Pasti kamu tidak kaget jika Indonesia masuk ke dalamnya. Ya, menurut survei tahun 2002 yang dilakukan National Institue of Aeronautics and Space (NASA), ada 18.307 pulau yang dimiliki Indonesia. Sedangkan Pusat Hidrografi dan Oseanografi Angkatan Laut pada 2017 menyatakan jika Indonesia memiliki 17.500 pulau.
Dari banyaknya pulau yang dimiliki Indonesia, hanya 9 ribu saja yang dihuni. Dan lebih dari 13 ribu pulau di Indonesia sudah resmi terdaftar di PBB.  
4. Kanada (lebih dari 30.000 pulau) 
Nova Scotia, Kanada
Nomor empat ada Kanada. Negara paling utara di Amerika ini memiliki luas 9.970.610 km persegi, dengan lebih dari 30 ribu pulau yang tersebar dari perbatasan Amerika hingga Kutub Utara. Yang unik, pulau di wilayah utara umumnya ditutupi salju tebal, sedangkan di selatan ditutupi hutan lebat.


3. Norwegia (lebih dari 50.000 pulau)
Norwegia
Urutan ketiga ada Norwegia, dengan luas wilayahnya yang mencapai 385.525 km persegi. Ada lebih dari 50 ribu pulau membentang dari Svalbard ke Pulau Bouvet, Norwegia. Selain memiliki banyak pulau, bentang alam Norwegia juga tak kalah indah. Bila berkesempatan berkunjung ke sini, jangan lupa untuk menyaksikan Aurora Borealis, ya!  
2. Finlandia (179.584 pulau) 
Sunset di Finlandia
Peringkat dua ada Finlandia. Tak hanya dijuluki sebagai negara danau, rupanya Finlandia juga memiliki banyak pulau. Menurut dewan wisatawan, ada 179.584 pulau yang menghuni Finlandia. Sebagian besar pulaunya berada di bagian barat, tepatnya di Kepulauan Alan dan di sepanjang tepi pantai selatan di teluk Finlandia. Sementara itu, Finlandia juga memiliki 187.888 danau, salah satunya yang terkenal adalah Saimaa, yang masuk dalam salah satu danau terbesar di Eropa.


1. Swedia (267.570 pulau) 
Stockholm, Swedia
Posisi pertama ada Swedia. Menurut laporan statistik, negara nordik ini memiliki 267.570 pulau, tapi hanya 984 saja yang dihuni. Hal ini pula yang membuat Swedia dijuluki ibu kota pulau dunia.
Jika dilihat, ada banyak pulau kecil yang tersebar di beberapa wilayah, seperti di Stockholm dan Kepulauan Smaland. Biasanya pulau-pulau di Swedia ditumbuhi pepohonan yang rimbun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fenomena alam paling aneh di dunia

OMNIA SLOT - Dari danau berwarna merah muda ala permen karet di Australia hingga air terjun merah darah di Antartika, berikut tujuh ...