Senin, 27 Januari 2020

5 Fakta Menyedihkan Rakyat Korea Utara

 Hasil gambar untuk korea utara

Korea Utara dikenal sebagai negara tertutup yang sangat maju dalam bidang militer. Namun, kepemimpinan di negara ini terbilang sangat memprihatinkan sebab sangat mengekang warganya dari segala macam hal.


Warga Korea Utara tidak bisa melakukan segala sesuatu sesuai keinginannya karena pemimpin yang membatasi kebebasan dasar mereka dalam melakukan apa pun. Semua harus sesuai dengan perintah pemimpin. Kesalahan sekecil apa pun bisa berakibat fatal di negara ini.


Termasuk dalam bidang teknologi. Korea Utara memang masih terbuka terhadap teknologi terutama di bidang militer. Akan tetapi, ada banyak fakta miris seputar teknologi di negara ini yang pasti membuat semua orang tak habis pikir. Nah, berikut Jaka akan membeberkan beberapa fakta teknologi di Korea Utara. Mau tahu? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Batasan Penggunaan Internet


Internet sama sekali tidak dilarang di Korea Utara. Warganya tetap bisa mengakses internet. Namun, tentu saja ada batasan dan peraturan yang diberlakukan. Warga Korea Utara tidak bisa mengakses internet luar negeri melainkan hanya bisa mengakses internet nasional saja atau yang hanya ada di Korea Utara. Situs web yang disediakan pun sangat terbatas, yakni hanya sekitar 30 web saja, sementara isinya kebanyakan didedikasikan untuk pemimpin mereka yakni Kim Jong Un.


Itu sebabnya mengapa warga Korea Utara rata-rata tidak mengetahui apa pun yang terjadi di luar negeri. Warga Korea Utara yang diam-diam membuat surel dan ketahuan melakukan akses internet ke luar negeri secara ilegal, maka akan dikenai hukuman yang berat. Hanya para penguasa dan turis saja yang boleh mengakses internet luar negeri. Itu pun tidak boleh melanggar aturan yang ada.

2. Larangan Telepon ke Luar Negeri


Sama halnya seperti akses internet, telepon ke luar negeri juga tidak bisa dilakukan warga Korea Utara. Jangankan bepergian ke luar negeri, melakukan sambungan telepon saja ke luar negeri tidak diperbolehkan. Tidak heran, negera ini memang sangat tertutup terhadap dunia luar. Warganya benar-benar dikekang dan tidak diperbolehkan berhubungan dengan dunia luar.

Selain para penguasa, tidak ada seorang pun warga Korea Utara yang boleh menelepon ke luar negeri. Bahkan di negera ini, hanya ada dua operator seluler yang kedua-duanya diawasi dengan sangat ketat oleh pemerintah. Jika ketahuan melakukan telepon ke luar negeri, maka bisa dipastikan akan mendapat hukuman.

3. Penggunaan Smartphone Lokal Diawasi Pemerintah


Meski tertutup, nyatanya jutaan penduduk Korea Utara sudah memiliki smartphone. Hanya saja bukan smartphone layaknya Samsung atau iPhone yang mendunia. Mereka hanya boleh menggunakan smartphone Android lokal yang dirancang khusus dan diawasi pemerintah. Mirisnya, smartphone tersebut tidak menyediakan akses internet ke luar negeri.


Akses internet dalam negeri pun sangat terbatas. Bahkan ada smartphone yang hanya bisa dipakai untuk membaca buku, bermain game, dan komunikasi dalam negeri saja. Anehnya lagi, pengguna tidak bisa sembarangan mendownload aplikasi seperti yang biasa kita lakukan dengan mengunjungi Google Play Store. Di Korea Utara, jika ingin mendownload aplikasi, maka pengguna harus mendatangi sebuah toko fisik khusus dan harus mendapatkan izin dari pemerintah.

4. Mobil Hanya Untuk Kalangan Penguasa


Berbanding terbalik dengan negeri kita yang jalanannya penuh dengan segala jenis mobil, di Korea Utara, mobil di jalanan justru bisa dihitung dengan jari. Dalam satu jam hanya ada beberapa mobil saja yang lewat bahkan bisa jadi tidak ada sama sekali.


Mengapa? Hal ini dikarenakan Korea Utara sangat membatasi penggunaan mobil. Hanya kalangan penguasa saja yang boleh memiliki dan mengendarai mobil. Sementara masyarakat lainnya bisa menggunakan transportasi umum jika ingin bepergian. Hal ini membuat jalanan Korea Utara tampak begitu sepi.
 

5. Batasan Menonton Televisi


Di Korea Utara, menonton sinetron dan acara-acara Tv lainnya secara bebas adalah hal mustahil. Menonton televisi di Korea Utara sangat dibatasi. Acara hiburan merupakan hal yang sangat minim bahkan nyaris tidak ada di televisi negara ini. Bahkan hanya ada 3 saluran televisi lokal di Korea Utara yang tayangannya pun tidak jauh-jauh dari hal-hal di dalam negeri saja.



Meski begitu, orang-orang di Korea Utara tampaknya ada yang nekat menyelundupkan tayangan-tayangan televisi dari luar negeri. Hal tersebut sangat berbahaya jika ketahuan pemerintah. Sebanyak 80 orang bahkan pernah dieksekusi di depan umum karena ketahuan menonton drama Korea Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fenomena alam paling aneh di dunia

OMNIA SLOT - Dari danau berwarna merah muda ala permen karet di Australia hingga air terjun merah darah di Antartika, berikut tujuh ...