Sabtu, 25 Januari 2020

Fakta Negara Turkmenistan Negara Memiliki Lubang Neraka

1. Nama Turkmenistan berasal dari Bahasa Persia, yang artinya “Daratan Turkmen”. Etnis yang mendiami Turkmenistan terdiri dari etnis Turkmen, Russia, dan Uzbek.


2. Turkmenistan menjadi bagian dari Uni Soviet ketika Perang Dunia I dan memperoleh kemerdekaan dari Uni Soviet pada tanggal 27 Oktober 1991.


semestafakta- turkmenistan map

3. Bahasa resmi Turkmenistan adalah bahasa Turkmen. Bahasa ini adalah salah satu dari bahasa Turki dan berhubungan dengan orang Turki dan Azerbaijan. Di smaping itu juga banyak digunakan bahasa Russia. Diantara ucapan bahasa Turkmen adalah hawa (ya), yok (tidak), baş üstüne (silakan), sag boluň (terima kasih), ertiriňiz haýyrly bolsun (selamat pagi), agşamyňyz haýyrly bolsun (selamat sore), gijäňiz rahat bolsun (selamat malam), dan sag boluň, hoş (selamat tinggal).


4. Pada tahun 2008, Turkmenistan membuat bendera nasionalnya dengan ukuran 52,5 x 35 meter. Bendera ini masuk dalam catatan Guinness Book of World Record sebagai bendera terbesar di dunia.


semestafakta-turkmenistan flag

5. Yang menakutkan dari Turkmenistan adalah musim. 90% faktor utama yang menentukan musim di Turkmenistan berasal dari gurun Karakum, dan temperatur di sana pada musim panas bisa mencapai 50° C.


6. Turkmenistan terkenal peternakan kudanya. Peternakan kuda yang terkenal adalah peternakan kuda Akhal-Teke yang berada di bagian selatan Turkmenistan. Kuda-kuda ini dulunya digunakan untuk perang, tetapi sekarang dipakai untuk pacuan kuda. Di samping kuda, juga ada peternakan unta Arvana. Kuda Akhal-Teke menjadi gambar dari emblem Turkmenistan.


semestafakta-Akhal-Teke3semestafakta-Akhal-Teke

7. Mumi kuda yang ditemukan di pemakaman raja Scythian, di Russia, dipercaya sebagai mumi kuda Akhal-Teke.


semestafakta- horse fossil

8. Saluran Karakum adalah salah satu saluran irigasi terpanjang di dunia. Gurun Karakum menutupi hampir 80% Turkmenistan. Gurun Karakum juga membentuk salah satu padang pasir terbesar di dunia.

semestafakta-Karakum Canalsemestafakta-Karakum Desert

9. Cagar alam Kugitang di Turkmenistan mempunyai bukit batu yang terdapat cap kaki dinosaurus.


semestafakta-Kugitang Reserve of Turkmenistan semestafakta-Kugitang Reserve of Turkmenistan2

10. Turkmenistan menderita tiga kali gempa bumi besar dan bahkan kota Ashghabat hancur pada tahun 1948. Sekarang Ashghabat menjadi ibu kota dan kota terbesar di Turkmenistan.



11. Rumah berpindah-pindah (nomaden) di Turkmenistan adalah Yarta, yaitu berupa kemah dari kayu yang bisa dibongkar pasang.


semestafakta-yurta2semestafakta-yurtasemestafakta-yurta3 


12. Di Turkmenistan, kapas menjadi komoditi utama dan menjadi produsen terbesar nomor sembilan di dunia.

semestafakta-Turkmenistan cotton 


13. Turkmenistan terkenal dengan produk karpetnya di seluruh dunia.


semestafakta-turkmenistan caret semestafakta-turkmenistan carpet semestafakta-turkmenistan carpet3

 14. Ada peribahasa Turkmenistan yang terkenal, yang berbunyi: “Air adalah kehidupan orang Turkmenistan, kuda adalah sayapnya, dan karpet adalah jiwanya”.
 
15. Turkmenistan memunyai tiga World Heritage Sites, yaitu Merv Kuno (kota oasis di jalur sutera), Koneurgenc, dan Parthian Fortresses of Nisa.

semestafakta- Parthian Fortresses of Nisa.semestafakta-Koneurgenc2

16. Kota Merv kuno adalah peninggalan kota Islam terbesar yang akhirnya dihancurkan oleh Jengis Khan pada tahun 1226. Situs ini terdiri dari tiga situs yang merentang dari masa pra sejarah sampai periode Islam. Yang paling terkenal adalah bangunan makam Sultan Sanjar, yaitu sultan terakhir Dinasti Saljuk. Di sana terdapat reruntuhan kastil, yaitu kastil Shahrukh, yaitu peninggalan dari Sultan Taimuri abad 15.

semestafakta-merv semestafakta-merv2

17. Situs Kunya-Urgench berada di barat laut Turkmenistan, di tepian Sungai Daria. Kunya-Urgench adalah ibu kota wilayah Khorezm, yang menjadi bagian dari kekaisaran Achaemenia. Di dalamnya terdapat banyak monumen yang berasal dari abad ke-11 sampai abad 16, yaitu bangunan masjid, pintu gerbang, benteng, makam dan menara setinggi 60 m.



semestafakta-Kunya-Urgenchsemestafakta-Kunya-Urgench2semestafakta-Kunya-Urgench3

18. Di sana juga ada dua makam, yaitu makam sahabat nabi Muhammad SAW, Mohammad Ibn Zaid dan makam pemimpin thariqat Naqsabandi, Khawaja Yousuf Hamadani.


semestafakta- Khawaja Yousuf Hamadanisemestafakta- Mohammad Ibn Zaid

19. Listrik dan gas di Turkmenistan adalah gratis. Mobil mendapat jatah bahan bakar gratis sebanyak 120 liter setiap bulannya.


20. Presiden seumur hidup, Saparmurat Niyazov, meninggal dunia pada Desember 2006, dan Turkmenistan mengadakan pemilihan presiden multi kandidat pertama pada bulan Februari 2007. Gurbanguly Berdimuhamedow, bekas ajudan presiden Niyazov adakhirnya terpilih sebagai presiden baru.




21. Presiden Turkmenistan, Saparmurat Niyazov, dijuluki dengan “Turkmenbashi” (Bapak Bangsa Turkmenistan) membuat patung dirinya yang terbuat dari emas, yang berputar setiap 24 jam untuk menghadap ke arah matahari. Niyazov juga mengganti nama bulan April dengan nama ibunya.


semestafakta-Saparmurat Niyazov semestafakta-Saparmurat Niyazov2

22. Presiden Turkmenistan, Gurbanguly Berdimuhamedow, sangat mencintai kuda, sehingga dia menulis buku tentang kuda dengan judul “national horse-breeder of Turkmenistan”.


23. Di Turkmenistan terdapat kawah Darvaza, yaitu lubang/kawah besar menganga yang mengeluarkan gas alam dan selalu menyala selama lebih dari 40 tahun. Lubang ini dijuluki dengan “pintu neraka”. Kawah ini lebarnya 60 m dan dalamnya 20 m dan merupakan lubang buatan manusia. Menurut laporan yang dipercaya, lubang ini awalnya adalah pengeboran yang dilakukan Uni Soviet.


semestafakta-door to hell2semestafakta-door to hell



24. Di Turkmenistan tidak ada kebebasan pers. Jurnalis nasional dengan cermat mensensor topik-topik untuk artikel melalui sistem sensor, editor yang jeli, dan aktif disensor oleh agen pemerintahan yang memiliki beberapa surat kabar. Misalnya Teacher’s Newspaper, dipunyai oleh kementrian pendidikan dan koran Spravedlivost’ (Keadilan) dimiliki oleh Kementrian Peradilan.


25. Media cetak asing dilarang di Turkmenistan sejak awal tahun 2002. Oleh karena itu orang berganti ke tayangan satelit. Setiap keluarga mempunyai satelitnya sendiri, dan kadang-kadang sampai dua dan tiga satelit. Orang lebih memilih sumber berita dari saluran Russia, Turki atau chanel TV Eropa.


semestafakta-TV satelite

26. Radio dan penyiaran materi keagamaan disediakan untuk para pengikut agama tanpa intervensi pemerintah.


27. Makanan yang populer di Turkmenistan adalah Plov (nasi, daging, dan sayuran), seperti halnya di seluruh Asia Tengah. Kita juga bisa menemukan Kebab, Donar, dan Langman, meski bumbunya berbeda di sini. Manty (kue bola daging domba kukus) dengan krim susu asam juga terkenal di sini. Corek (roti) dianggap suci dan tidak disediakan dan sebagai gantinya adalah susu asam sebagai sarapan pagi. Salad banyak disajikan sebagai makanan pembuka dan menjadi bagian penting dari produk lokal. Aroma masakannya yang spesial adalah salad timun dan tomat.

semestafakta-Corek semestafakta-corek2 semestafakta-manty semestafakta-Plov


28. Karena beberapa alasan, Pizza diserap sebagai makanan budaya Turkmen, dan kamu bisa menemukan Pizza di mana-mana, meski pengertiannya berbeda-beda dan kamu bisa menemukan jagung di pizzamu. Hamburger juga banyak di sana, meski kebanyakan terbuat dari daging domba atau campuran daging sapi dan domba.


29. Turkmenistan adalah negara polisi. Kamu akan melihat polisi di mana-mana. Hotel, kafe, dan bahkan bus yang kamu naiki. Jangan bericara hal-hal yang sensitif, seperti bicara politik atau mengkritik presiden dan jangan mengambil gambar gedung pemerintah atau kantor polisi. Telepon, fax, dan barang milik semua dimonitor.


30. Di Turkmenistan dibangun taman melingkari air mancur dan monumen kemerdekaan dan juga terdapat patung-patung dan monumen, terutama patung para pahlawanan, diantaranya adalah patung Ghaz Khan (nenek moyang bangsa Turk) dan Bairan Khan.


31. Di pusat kota di taman lain terdapat patung para sarjana muslim terkenal, yaitu Abdur Rahim, Khan-i-Khana dari Akbar dan era Jahagir India.



32. Masjid Kipchak adalah yang terbesar di Yurkmenistan yang dibangun oleh Niyazov untuk mengenang ibunya. Niyazov sendiri dikubur di luar masjid. Masjid ini memiliki kubah emas dan ruang untuk salat yang besar. Empat menara masjidnya tidak hanya bertuliskan ayat-ayat Qur’an tetapi juga terdapat kutipan-kutipan dari Ruhnama, yaitu buku sejarah Saparmurat Niyazov, agama dan juga kebudayaan.

semestafakta- turkmenbashi mosque

33. Hotel Avaza adalah proyek bangunan multi milliar dollar di dekat Turkmenbashi yang bertujuan menciptakan “zona turis nasional” yang terdiri dari 60 hotel berkelas dunia, shopping center, dan bandara internasional. Pemerintah meniru proyek Dubai, tetapi investor asing yang masuk lebih kecil dari yang diharapkan.


semestafakta- avaza semestafakta- avaza2

34. Buku Ruhmana merupakan perjanjian seorang megalomania yang menuntut bahwa buku ini harus ditempatkan sejajar dengan Alqur’an dan akan dihukum bagi orang yang tidak melakukannya. Lukisan dan patung pahlawan Turkmen semuanya dibuat dari imajinasinya.

semestafakta- ruhnama


35. Tempat lain yang terkenal adalah museum yang penuh dengan tempat minuman, yang dinamakan dengan Rhytons, yang terbuat dari gading; bejana seperti tanduk, dan bentuk gelas lainnya. Juga terdapat patung putri raja Parthian yang terbuat dari marmer dan elang emas, koin, mahkota dari gading, kapak prajurit, pisau, dan perisai.
semestafakta-Rhytons semestafakta-Rhytons2 semestafakta-Rhytons3 semestafakta-Rhytons4

36. Di Turkmenistan ada istilah “Terorisme Vodka”, yaitu fenomena dimana warga lokal ingin mengajak kelahi, atau merampok, setelah minum terlalu banyak Vodka. Hal ini terjadi tidak hanya terjadi di malam hari, tetapi juga di siang hari, bahkan yang sering terjadi adalah di kereta.
37. Di ibukota Ashgabat diberlakukan jam malam. Artinya, kamu tidak boleh berjalan-jalan melebihi jam 11 malam.



38. Di Turkmenistan, dua orang yang berlainan jenis (kecuali sudah menikah), tidak diperbolehkan bersama dalam satu kamar. Jika pihak hotel merasa curiga, maka pihak keamanan akan menelitinya dan kemudian polisi berusaha meminta suap/sogok.



39. Turkmenistan melarang orang merokok di tempat umum, tetapi diperbolehkan di restoran, kafe, dan sebagainya. Larangan juga diberlakukan bagi iklan dan sponsor rokok.



40. Di Turkemnista terdapat dua taxi, yang terdaftar dan tidak terdaftar. Yang terdaftar adalah “Cab Kuning” yang banyak terdapat di bandara lengkap dengan argo biaya. Sedangkan taxi yang tidak resmi dinamakan “Cab Gypsy”, yaitu menggunakan mobil keluarga dan tidak mencantumkan tarif resmi.



41. Terdapat legenda Turkmenistan tentang desa kuno, Nohur, yaitu sekitar empat jam perjalanan dari ibu kota Ashgabat. Terlatak diantara gunung Kopetdag di perbatasan Iran, tempat itu dipercaya berasal dari nama “Noh” (nabi Nuh) dan “Ur” (berenang), yang artinya tempat di mana Nabi Nuh mendarat setelah selamat dari Banjir Besar. Wilayah lembah Nohur juga merupakan peninggalan Alexander Agung yang meninggalkan tentaranyanya yang terluka di Nohur dan memerintahkan mereka untuk menempati wilayah ini. Salah satu pemandangan yang tidak biasa di kota Nohur adalah pemakaman lokal, yang semua nisannya dipasang dengan tanduk kambing gunung. Nohur juga terkenal dengan tenun suteranya.


semestafakta-village of Nohur semestafakta-village of Nohur2 semestafakta-village of Nohur3 semestafakta-village of Nohur4


42. Turkmenistan mempunyai banyak cagar alam, yaitu cagar alam Köpet Dag di gunung dekat Ashgabat, Syunt Hasarday di gunung sebelah selatan jalan Ashgabat, Esenguly di Laut Kaspia, Krasnovodsk di gurun Karakum, Quzilqum bersama dengan Amur Darja di perbatasan dengan Uzbekistan, Repetek di gurun di jalan antara Mary dan Turkmenabat, dan Kugitang di gunung di tenggara Turkmenistan.


43. Turkmenistan juga kaya dengan bangunan dan monumen, yaitu monumen Abivert (kota abad pertangahan dari abad ke-11 sampai 18), makam Abu Said Mithkene (abad 11-15), Astana-baba, Dayakhaty, Darganata, Dekhistan, Devkesengala, gua Ekedeshik, Geok-tepe, Imukshir, Konye Urgench, makam Mane Baba, Parau, Sarakhs, masjid Seyitdzhemaledin, masjid Shakhsenem, Talkhatan-baba, dan Tasharvat.
semestafakta- Abiverd semestafakta- Abu Said Mithkene Mausoleum semestafakta- Astana-baba semestafakta- Darganata semestafakta- Sarakhs semestafakta- Tasharvat semestafakta-Dekhistan semestafakta-Ekedeshik semestafakta-Geok-tepe


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fenomena alam paling aneh di dunia

OMNIA SLOT - Dari danau berwarna merah muda ala permen karet di Australia hingga air terjun merah darah di Antartika, berikut tujuh ...